Kamis, 12 April 2012

Tugas MSDM


PERAN STRATEGI SDM
DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL

1.    Topik : Peranan globalisasi dalam sumber daya manusia yang berkualitas
2.    Abstrak :
Pada era globalisasi saat ini, banyak perusahaan-perusahaan harus memilih strategi perusahaan yang tepat. Salah satunya strategi terhadap sumber daya manusia. Perusahaan harus melakukan program-program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia sebagai tanggapan dalam mengantisipasi suatu perubahan lingkungan yang cepat. Dalam hal ini perusahaan menggunakan alat ukur seperti ke efektifan organisasi dan aktivitas SDM agar dapat memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas. Globalisasi sendiri mempunyai dampak langsung maupun tidak langsung pada kegiatan bisnis. Untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas di Indonesia bisa dibilang cukup sulit. Alasannya karena faktor pendidikan yang kurang, faktor ketidaksesuaian antara jenis pekerjaan dan kemampuan sumber daya manusia. Kebanyakan sumber daya manusia dari luar negri masih banyak dipekerjakan untuk menduduki posisi-posisi tertentu, terutama di perusahaan besar yang berorientasi internasional. Kita masih harus terus berupaya keras untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia dengan membandingkannya dengan mutu tenaga kerja di Singapura dan Malaysia.
Perubahan strategi SDM bukanlah sesuatu yang tabu namun perlu dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Perusahaan harus memilih strategi bisnis yang tepat supaya mampu memanfaatkan peluang bisnis dan mengantisipasi kendala-kendala yang terjadi sebagai dampak perubahan lingkungan. Pendidikan sangat berperan besar dalam meningkatkan mutu SDM, sebab itu mutu pendidikan di Indonesia perlu ditingkatkan baik secara kuantitas maupun secara kualitas agar mendapatkan SDM yang berkualitas. Perusahaan perlu untuk mengkaji dan menganalisis kebutuhan dan kesenjangan sumber daya manusia terhadap strategi perusahaan masa kini dan masa mendatang.


3.    Teori :

A.    Teori Perubahan Lingkungan Manajemen SDM (Gary Dessler chapter 1)
Tanggung jawab departemen SDM secara bertahap menjadi lebih luas dan strategis sejak orang-orang dari kalangan bisnis mulai memasukkan departemen personalia dalam diagram organisasi mereka.
·         Di jurnal halaman 2 paragraf 1
·         Di jurnal halaman 5 paragraf 3
B.    Teori Perubahan Lingkungan Manajemen SDM (Lingkungan yang berubah)
Globalisasi menyatu pada kecenderungan perusahaan untuk memperluas penjualan, kepemilikan atau manufaktur mereka ke pasar baru di luar negri. Globalisasi yang meluas berarti meningkatkan persaingan dan meningkatkan persaingan berarti lebih kuat dorongan untuk menjadi “kelas dunia”
(Gary Dessler chapter 1).
·         Di jurnal halaman 2 paragraf 1
·         Di jurnal halaman 2 paragraf 2
·         Di jurnal halaman 3 paragraf 3
C.   Teori Mengukur SDM : Strategi, Standar Pengukuran, dan Kartu Nilai SDM
Strategi adalah perusahaan untuk menyeimbangkan kekuatan dan kelemahan internal dengan kesempatan dan ancaman eksternal dalam mempertahankan keuntungan kompetitif. (Gary Dessler chapter 1)
·         Di jurnal halaman 2 paragraf 3
·         Di jurnal halaman 4 paragraf 6
·         Di jurnal halaman paragraph 1, 2, dan 3
D.   Teori Standar Pengukuran
Pengukuran kinerja SDM membutuhkan lebih dari sekedar standar pengukuran kinerja SDM yang ada saat ini. Manajemen puncak butuh dan mengharapkan informasi lebih jauh. Contoh, CEO mungkin menanyakan manajer SDM untuk mempertahankan program usulan SDM yang baru dengan sejumlah angka.
(Gary Dessler chapter 1)
·         Di jurnal halaman 3 paragraf 1


E.    Teori SDM dan Keuntungan Kompetitif
Dalam rangka strategi kompetitif yang efektif, perusahaan harus memiliki satu atau lebih keuntungan kompetitif. Keuntungan kompetitif dapat berwujud dalam berbagai bentuk. (Gary Dessler Chapter 3)
·         Di jurnal halaman 5 paragraf 3
4.    Kesimpulan :
Bahwa globalisasi sangat berperan dalam menetukan kualitas SDM. Perusahaan harus memberikan pelatihan-pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia agar bisa menjadi sumber daya manusia yang berkualitas. Dan kita juga bisa menggunakan strategi-strategi tertentu.
5.    Saran :
Untuk meningkatkan mutu SDM, Indonesia harus lebih meningkatkan mutu pendidikan dan di usahakan masyarakat awam harus pandai menguasai bahasa asing agar bisa menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar