Sabtu, 06 Oktober 2012

RESENSI FILM THE COMPANY MEN


Film ini Bercerita Tentang ada Seorang Karyawan yang Bekerja di Perusahaan GTX Sebuah Perusahaan Perkapalan, Karyawan tersebut bernama Bobby Walker. Karena bencana yang menghantam perekonomian AS ribuan karyawan perusahaan GTX terpaksa di PHK tak terkecuali Bobby Walker. Menghadapi keadaan tersebut Bobby tidak terbiasa dan merasa gengsinya terganggu. Sebagai seorang yang dengan gaya hidup mewah, dia tidak bisa menerima kenyataan bahwa ia harus merelakan rumah besarnya untuk di jual, mobil Porsche kesayangannya di jual, di keluarkan dari keanggotaan Klub Golf, dan lain sebagainya. Dalam keadaan seperti itu Bobby menemukan fakta bahwa mencari pekerjaan adalah hal yang amat sulit. Dia menghadapi cobaan terbesar dalam hidupnya yakni bekerja dengan gaji yang jauh di bawah standar atau menjadi pengangguran selamanya.

Dari Sepenggalan cerita tersebut, menurut saya yang memotivasi Bobby untuk bangkit kembali adalah keluarganya terutama anak laki-lakinya Drew. Dengan dorongan motivasi yang di berikan oleh keluarga Bobby selama 3 bulan terus berusaha mencari pekerjaan baru dan akhirnya dia rela bekerja sebagai kuli bangunan yang gajinya hanya $ 200. Padahal gaji pertahun yang di terima Bobby selama bekerja di perusahaan GTX sebesar $ 120,000
Kemudian, Bobby giat bekerja meskipun hanya sebagai kuli bangunan sampai pada akhirnya mantan Wakil Direktur di perusahaan GTX mengajak Bobby untuk mendirikan sebuah perusahaan baru. Bobby sangat senang dan dia memiliki motto dalam hidupnya bahwa “Aku akan menang karena aku punya keyakinan, keberanian, antusiasme”. Menurut pendapat saya, tak ada pekerjaan sepele, pekerjaan kotor, dan kasar tetaplah pekerjaan dan tak boleh di lecehkan bahkan di lupakan. Dunia terus berputar dan Keharmonisan keluarga adalah kunci melewati sebuah krisis yang berat.

Teori motivasi yang berhubungan dengan film ini adalah Teori Hirarki Kebutuhan yaitu Abraham Maslow menghipotesiskan adanya lima jenjang kebutuhan dalam diri semua manusia, yaitu dimulai dari kebutuhan psikologis, keamanan, social, penghargaan, dan yang paling tinggi, aktualisasi diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar